Monday 17 October 2016

Hearthstone : Rank Tutorial & Tips

     



    Jika melihat para streamer atau pro bermain Hearthstone di Twitch dalam laddering ( menaikkan rank ) mungkin terlihat seperti sangat mudah , ada yang hanya perlu beberapa hari untuk mencapai legend dan ada juga yang kesulitan tapi mereka akan tetap mencapai rank legend sebelum rank direset pada bulan berikutnya . Well , semuanya tidak semudah seperti kelihatannya bahkan bisa dibilang cukup sulit dan terkadang menyebalkan tapi saya akan mencoba berbagi sedikit tips agar kamu tetap stabil dalam menaikkan rank .



    Hal pertama yang harus diketahui adalah bagaimana sistem ranking pada Hearthstone ini bekerja , terdapat 25 rank yang harus kita lalui sebelum mencapai legend dan tiap rank ditandai dengan simbol yang terus berubah dari rank 25 hingga 1 , setelah mencapai legend maka simbol tersebut akan berubah menjadi sebuah gem orange dengan angka yang kini menunjukkan urutan kamu pada rank legend dan tentunya rank legend yang terbaik adalah urutan nomer 1 . Nah , sebelum mencapai legend kita akan dihadapi dengan 25 rank dengan tingkat kesulitan yang meningkat tiap 5 rank dan tiap rank ditandai dengan sejumlah bintang sebagai syarat yang harus dilewati agar bisa menaiki rank selanjutnya . Tingkat kesulitan dalam rank mode bisa dijabarkan seperti ini..

Rank 25-21 : 3 Bintang untuk rank selanjutnya , 3 kemenangan berturut - turut akan mendapat win streak alias 2 bintang sekaligus dan kamu tidak akan kehilangan sebuah bintang saat kalah .

Rank 20 - 16 : 3 Bintang untuk rank selanjutnya , 3 kemenangan berturut - turut akan mendapat win streak alias 2 bintang sekaligus tapi jika kalah kamu akan kehilangan satu bintang dan kamu bisa turun rank hingga rank 20.

Rank 15 - 11 : 4 Bintang untuk rank selanjutnya , 3 kemenangan berturut - turut akan mendapat win streak alias 2 bintang sekaligus tapi jika kamu kalah kamu akan kehilangan satu bintang .

Rank 10 - 6 : 5 Bintang untuk rank selanjutnya , 3 kemenangan berturut - turut akan mendapat win streak alias 2 bintang sekaligus tapi jika kalah kamu akan kehilangan satu bintang .

Rank 5 - 1 :5 Bintang untuk rank selanjutnya , tidak ada win streak walaupun kamu  menang secara berturut - turut , dan jika kamu kalah kamu akan kehilangan satu bintang .




   Hal lainnya yang perlu kamu tau adalah tidak ada deck yang benar - benar sempurna karena yang ada hanya deck yang konsisten dan bisa bersaing dengan baik selama kamu laddering , karena setiap deck memiliki kelemahan contohnya adalah deck tempo terkadang akan kesulitan melawan deck aggro , lalu deck argo terkadang akan kesulitan melawan deck control . Atau bahkan terkadang kamu akan cukup sial saat draw card , dan masih banyak lagi faktor lainnya yang menentukan progres kamu saat laddering . Ada beberapa tips yang bisa saya berikan saat laddering..

• Deck / Gaya bermain : Gaya bermainmu merupakan faktor penting dalam laddering , apalagi jika kamu adalah pemain baru . Tentukan dengan menemukan deck apa yang sesuai dengan gaya bermainmu , anggapan kamu senang bermain agresif dan ingin menyelesaikan permainan dengan cepat , maka tipe deck aggro adalah pilihan tepat  , atau kamu senang untuk bertahan dan menghabisi lawanmu dengan kartu - kartu besarmu maka control deck adalah pilihan yang cocok denganmu .

• Bad luck : Bahkan pemain pro pun terkadang bisa kalah saat keberuntungan tidak memihak pada mereka , itu merupakan hal yang biasa karena itu bisa terjadi kapanpun . Jadi jangan cepat berkecil hati dan menyerah dalam laddering karena pada Hearthstone keberuntungan adalah salah satu faktor yang membuat game ini menarik .

• Belajar dari kesalahan : Memang terdengar cukup klise , tapi untuk menjaga konsistensi maka meninjau ulang cara bermainmu atau deckmu juga hal penting . Seperti kenapa kamu kalah pada game sebelumnya , apa karena kamu berusaha mengulur - ulur permainan lalu keadaan berbalik begitu saja , atau kamu melakukan salah perhitungan dan masih banyak hal lainnya yang harus kamu pelajari seperti timing drop yang tepat , menghitung lethal pada turn selanjutnya , bagaimana tetap survive pada turn selanjutnya , jadi tetap belajar dari kesalahan akan membuat kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

• Mengerti deck lawanmu : Mulai pada rank 15 kamu akan banyak menghadapi lawan dengan variasi deck yang cukup mirip , jadi mengetahui jenis deck apa atau mengerti meta yang sering dimainkan kini merupakan sebuah keuntungan besar bagi kamu dalam mengantisipasi langkah selanjutnya dari lawanmu , sehingga kamu tau apa yang harus dilakukan saat berhadapan dengan tipe deck yang sedang populer . Kamu bisa menandai dengan drop kartu yang diturunkan lawanmu , Mage dengan acolyte of pain terkadang menjadi tanda lawanmu adalah freeze mage , Warlock dengan flame imp maka akan menjadi tanda lawanmu adalah tipe aggro , Druid dengan violet teacher menandakan ia bermain yogg dan masih banyak tipe deck lainnya . Dan kamu akan terbiasa jika sudah sering melawan mereka sehingga kamu bisa mengantisipasi tiap langkah yang akan dilakukan oleh lawanmu pada turn selanjutnya .

• Don't Give Up : Yang terakhir adalah jangan mudah menyerah , ya sekali lagi memang terdengar cukup klise tapi untuk mencapai rank tertinggi bukan hal yang mudah terkadang kekalahan beruntun membuat saya sendiri cukup malas untuk melanjutkan laddering tapi memang jika kita berhenti pada suatu rank mungkin menandakan skill pada saat ini memang hanya sampai disitu tapi jika kamu terus mencoba maka untuk mencapai rank legend bukan hal yang tidak mungkin .


    So Happy laddering and good luck guys ! 
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: