Monday 17 October 2016

Apa itu Snuff Film ?

  




    Apa itu snuff film ? Genre film ini sempat membuat gw sebagai penikmat film bergenre slasher cukup penasaran dan merinding saat mendengarnya . Awal mula gw mulai mengetahui apa itu snuff film adalah pada sekitar tahun 2007 , saat itu gw memilih beberapa film yang diberikan gratis oleh pemilik rental dvd langganan gw akan menutup bisnis rental dvdnya , gw yang memilih beberapa film acak yang belum pernah ditonton dan rata - rata yang gw pilih adalah film kelas B untuk koleksi , singkat cerita gw mendapatkan film dengan cover dvd yang tidak terlalu jelas saat itu sehingga tidak tau film bergenre apa yang gw tonton saat itu , film yang terlihat seperti dokumenter itu mengambil tempat di inggris dan pria yang ada dalam film tersebut mendokumentasikan bagaimana ia merekam lalu membunuh korbannya dengan cukup sadis tapi yang cukup aneh saat gw menonton film ini adalah semuanya terlihat cukup nyata bahkan reaksi korbanpun terlihat sangat nyata bagi gw .



    Film berlanjut pada sebuah adegan pria ini ingin membunuh seorang wanita , ia diam - diam masuk ke rumahnya , menata kameranya agar dapat merekam saat ia membunuh wanita tersebut saat baru pulang dari rumah , walaupun pembunuhan itu terekam pria tersebut merasa tak puas karena kejadian tersebut tidak terekam dengan sempurna hingga akhirnya sang pria memutuskan untuk memperkerjakan seorang anak muda yang membantunya merekam pembunuhan yang ia lakukan , tapi naas bagi anak muda tersebut karena ia akhirnya juga menjadi korban yang dibunuh dan disiksa oleh pria tersebut . Film yang terlihat sangat nyata tersebut membuat gw cukup merinding dan mual saat itu , film dengan budget rendah atau kelas B biasanya memiliki effect yang terkadang sangat buruk apalagi dengan kualitas akting yang terkadang hanya terlihat biasa - biasa saja , tapi film ini memperlihatkan effect yang sangat nyata dan respon luar biasa dari para korban yang terbunuh sehingga gw berpikir ini adalah film dengan pembunuhan yang nyata terjadi .


    Menurut wikipedia , Snuff film adalah sebuah sebuah film yang menunjukkan kalau aktor yang dibunuh atau bunuh diri dalam film tersebut benar - benar nyata tanpa menggunakan spesial effect , tapi gambar yang diambil saat terjadinya pembunuhan atau bunuh diri seperti bukti video kejahatan atau rekaman cctv juga bisa dibilang snuff . Istilah Snuff Movie sendiri pertama kali disebutkan pada sebuah buku " The Family : The Story of Charles Manson's Dune Buggy Attack Batalion " yang menceritakan kalau keluarga Manson terlibat dalam sebuah film yang memperlihatkan pembunuhan mereka di California .


    Tapi ada beberapa film yang sengaja memperlihatkan kalau film mereka terlihat seperti snuff film , seperti Cannibal Holocaust yang dibuat seolah - olah para pemeran yang ada dalam film tersebut benar - benar mati dan hilang , hingga sang sutradara dituntut atas kematian para aktor dan aktrisnya tersebut hingga akhirnya para pemeran film tersebut akhirnya muncul di pengadilan dan berkata kalau mereka bersembunyi selama beberapa bulan agar film ini terlihat seperti sungguhan . Lalu Guinea Pig , film asal jepang yang terbagi dalam beberapa seri ini memperlihatkan bagaimana seseorang disiksa dengan berbagai cara hingga mereka mati , seperti menarik kuku , memotong bagian tubuh dan lainnya hingga film ini menginspirasi seorang pembunuh berantai yang melakukan aksinya pada akhir tahun 1980an.



   Kabar yang beredar mengatakan bahwa snuff film memang ada tapi tidak terlalu terekspose karena tidak diperjualbelikan secara komersil , dan penikmat film ini merupakan orang yang senang melihat orang disiksa dan dibunuh . Kabar lainnya adalah para korban film ini menandatangi kontrak bahwa dirinya akan mati dalam proses pembuatan snuff film ini , sulitnya mencari film asli ini membuat gw sempat tertantang mencari tapi hanya menemukan beberapa film yang hanya terlihat seperti snuff wannabe atau false snuff . Tapi diluar itu semua gw pribadi yakin tentang adanya peredaran snuff film yang memang sangat tidak terekspose entahlah kalau diluar negeri film ini bisa didapat tapi disini sangat sulit untuk mencarinya , rasa penasaran untuk membuktikan bahwa snuff film asli hanya menggelitik rasa ingin tahu bagaimana seseorang dengan mudahnya memberikan nyawanya yang berharga untuk sebuah hiburan sesaat , terdengar konyol buat gw . 
Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment: