Tuesday 4 September 2012

Donnie Darko Movie Review


Donnie Darko ( 2001 )


    This is it , Donnie Darko !! Film yang gw tonton sampe 3 kali cuma biar mengerti maksud endingnya , yap we still in twist ending movie review and gw masih punya beberapa judul film twist ending movie untuk di review . Kenikmatan tersendiri saat menonton film seperti ini adalah collecting puzzle , dari awal hingga akhir film kita akan diberi potongan-potongan puzzle yang bisa disatukan di akhir film , selalu ada petunjuk agar kita dapat dengan cepat mengerti maksud dari ending film seperti ini , terkadang seperti jam , tata letak barang , karakter misterius , dan dialog . So , untuk menonton film seperti ini kita harus teliti agar bisa mengerti cerita seperti apa yang dibangun dalam film ini pada akhir film . Mungkin kalau kamu hendak menonton film ini mungkin lebih baik perhatikan ending Donnie Darko yang bakal gw jelaskan di akhir nanti . Ready ?!





    Donnie Darko ( Jake Gyllenhaal ) adalah seorang pemuda yang memiliki penderita Skizofrenia ( Gangguan kejiwaan dan kondisi medis yang mempengaruhi fungsi otak , mempengaruhi fungsi normal kognitif , emosional dan tingkah laku ) , ok , gw dapetnya dari wikipedia . Adegan awal film memperlihatkan kejanggalan pada Donnie yang terkadang sleepwalking alias suka jalan - jalan pas tidur trus bangun - bangun entah dimana , Hubungan Donnie dan keluarganya juga tidak terlalu baik dikarenakan kesulitannya untuk berkomunikasi secara baik , ini juga berlaku disekeliling teman-temannya yang membuatnya menjadi pribadi yang bisa gw bilang freak . Seperti gw bilang tadi , kita akan diberikan beberapa potongan puzzle , potongan pertama adalah saat sleepwalking Donnie bertemu dengan teman imajinasinya yang berkostum Kelinci yang memberitahunya bahwa dalam waktu 28 hari dunia akan kiamat . Potongan puzzle lainnya adalah saat Donnie terbangun di lapangan golf dan kembali ke rumahnya dan ia mendapati rumahnya ( Kamar Donnie ) tertimpa mesin jet yang entah datang darimana .





    Donnie mulai berperilaku aneh lagi , ia mulai menuruti perkataan teman imajinasi berkostum kelinci yang bernama Frank untuk melakukan sebuah kekacauan , ia membuat sekolah banjir dengan menghancurkan pipa dan menancapkan kapak ke patung perunggu sekolah , setelah sekolah diliburkan ia berkenalan dengan anak baru bernama Gretchen ( Jena Malone ) , 2 hal ini adalah potongan puzzle lainnya . Donnie juga sering dibully oleh 2 orang temannya di sekolah tapi ia tak terlalu menggubrisnya , Donnie juga sering mengikuti sesi bersama psikolog yang membuat kita mengetahui lebih banyak tentang sisi lain Donnie . Another puzzle pieces is Grandma Death yang suka berdiri ditengah jalan dan mengecek isi kotak suratnya setiap hari , Grandma Death sempat membisikkan sesuatu kepada Donnie dan bisikan tersebut akan terungkap di akhir film .


    Donnie juga bermasalah dengan salah satu guru lainnya dengan sangat terobsesi dengan motivator untuk mengatasi masalah "fear" yang membuat Donnie di suspend dari sekolah , Guru ini juga adalah pelatih dance adik bungsunya Donnie ( gw lupa nama group dance nya ) . Dan bagian puzzle yang paling penting adalah Donnie mendapatkan buku The Philosophy of Time Travel yang ditulis oleh Roberta Sparrow atau yang biasa dipanggil Grandma Death , buku The Philosophy of Time Travel ini akan memberikan penjelasan lebih banyak soal ending film ini . Donnie yang menjadi terobsesi dengan buku tersebut bisa melihat sebuah hole pada dada manusia yang menunjukkan masa depan , hubungan Donnie dan Frank pun semakin tak terkendali , ia mengikuti apa yang Frank perintahkan begitu saja .



    Hari yang ditentukan semakin dekat , Donnie yang telah membaca habis buku tentang The Philosophy of Time Travel sepertinya mengetahui apa yang akan terjadi , sehingga ia memutuskan untuk menulis surat kepada Grandma Death tentang apa yang diketahuinya soal time travel . Dan hari yang disebutkan oleh Frank pada awal film pun datang yaitu pada tanggal 30 oktober dan bisikan soal Grandma Death ? You will know it in the end ..


    Donnie Darko adalah sebuah film yang dikemas secara pintar dan menegangkan , menonton film ini membutuhkan mood yang baik sehingga bisa dengan mudah mengikuti alur yang ditawarkan oleh film yang berjalan secara lambat ini , kamu mungkin akan mudah kehilangan arah jika tidak mengerti beberapa hal sehingga endingnya hanya bisa membuat kamu mengernyitkan dahi karena tidak mengerti , gw akan bahas penjelasan endingnya setelah ini . Jake melakukan tugasnya dengan baik berperan sebagai Donnie yang terintimidasi secara tidak langsung dengan lingkungannya . Alur film yang lambat membuat penonton mengetahui seperti apa Donnie secara lebih mendalam dan emosional , apa yang ditawarkan film ini adalah smart twist in the end , seperti apa yang sudah dilakukan Inception , saya juga mengira kurang lebih ending dari Inception pasti terinspirasi dari Donnie Darko . 

    Untuk yang sudah menonton film ini dan tidak mengerti arti endingnya gw akan jelasin dibawah.. i warn you , spoiler alert !!




    Here is the ending explanation , Jika kamu melihat beberapa potongan puzzle diatas mungkin bisa kita satukan disini . Bagian puzzle yang terpenting adalah buku "The Philosophy of Time Travel" karya fiksi yang ditulis oleh Roberta Sparrow , pada endingnya Donnie akan berkunjung ke rumah Roberta dan secara tak sengaja bertemu dengan 2 bullies yang hendak mencuri permata yang disimpan oleh Roberta , kejadian menjadi tak terkendali untuk sesaat , dari kejauhan mobil yang dikemudikan oleh 2 orang pemuda mabuk melaju kencang kearah mereka , tapi Roberta alias Grandma death sedang berdiri ditengah jalan membaca surat yang dikirimkan oleh Donnie sehingga mobil kehilangan kendali dan menabrak Gretchen hingga ia mati di tempat . Pengendara tersebut ternyata adalah Frank yang sedang menggunakan kostum kelincinya , Donnie yang marah mengeluarkan senjatanya dan menembak Frank tepat di matanya dan membiarkan seorang lagi melarikan diri . Donnie membawa mayat Gretchen dan pergi menggunakan mobil ke suatu tempat dan melihat sebuah lubang waktu yang seperti tornado , Ibu dan adik darko berada di pesawat dan pesawat itu mengalami kecelakaan .


    Ok inilah penjelasannya , Dunia di sini dibuat menjadi 2 bagian , Dunia tempat kita hidup sekarang disebut Primary Universe ( PU ) , Dunia lainnya yang bisa dibilang dunia yang bisa mempengaruhi PU adalah Tangent Universe ( TU ) , TU adalah dunia yang rentan dan tidak stabil yang akan hancur sendirinya , dalam film ini waktu yang dimiliki TU adalah 28 hari 6 jam 42 menit 12 detik . Orang yang paling "dekat" dengan kehancuran dua dunia ini adalah Donnie Darko .. Donnie dibantu secara alamiah oleh TU dengan wujud Frank si teman imajinasi berkostum kelinci . Frank membuat Donnie melakukan apa yang ia perintahkan agar Donnie dapat melihat apa yang terjadi pada TU agar Donnie dapat melihatnya sendiri dan menggagalkan kehancuran 2 dunia , Frank juga merupakan merancang jalan kematiannya sendiri agar ia mati sehingga ia dapat menjadi "ghost" sehingga ia dapat membimbing Donnie menyelamatkan PU . Di akhir film kita akan melihat Donnie menggunakan kekuatan untuk melepaskan mesin jet pesawat ( pesawat ibu dan adiknya ) dan mengirimnya ke PU , sehingga ia bisa memperbaiki PU agar PU tidak bernasib sama dengan TU.


    Jadi Donnie sama sekali tidak gila , pada akhir film Donnie tertawa karena ia bisa melihat apa yang terjadi pada TU , sehingga Donnie yang ada di TU memutuskan untuk mengirim mesin jet ke kamarnya sendiri sehingga semua skenario yang terjadi di TU tidak akan terjadi di PU , setelah mesin jet menimpa Donnie semua orang juga bermimpi yang sama tentang TU sehingga jelaslah efek setiap orang yang mempunyai pengaruh di TU terbangun dan terdiam . Pada kenyataannya Frank memang ada dan dia adalah pacar dari kakaknya Donnie , Frank membuat kostum kelinci untuk pesta Halloween dan menabrak gretchen saat mabuk . Grandma Death juga trigger kematian Gretchen karena jika dia tidak membaca surat yang dibaca Donnie maka Gretchen akan tetap selamat .


    Mengapa Donnie membunuh dirinya sendiri ? Karena dialah orang yang paling berpengaruh dengan akhir dua dunia tersebut , dengan kematiannya maka trigger untuk kehancuran dunia akan hilang , dan alasan yang paling jelas menurut gw adalah Gretchen , ada adegan dimana Gretchen menolak dicium oleh Donnie dan dia berkata "When the world gets better" ( kalau gak salah ingat ) . Kenyataannya adalah yang dimaksud adalah "dunia" Gretchen yaitu kehidupan untuknya yang lebih baik , Gretchen bercerita kalau ia dan ibunya lari dari ayahnya yang bersikap kasar , tapi di TU pada saat Halloween ibu Gretchen hilang dan ia mempunyai dugaan kalau ayahnya memukuli ibunya lagi . 


    Mengapa Donnie bisa mengirim mesin jet dari TU ke PU ? Didalam film ada beberapa kali dijelaskan kalau Donnie mempunyai kekuatan , petunjuk yang mungin tidak terlalu tertangkap oleh kamu mungkin saat Donnie berkenalan dengan Gretchen , Gretchen berkata kalau nama Donnie Darko itu terdengar seperti nama SuperHero dan yang paling jelas adalah Kapak yang ditancapkan di patung perunggu . Kapak tidak akan bisa menancap seperti itu ke patung perunggu , sehingga disitu telah jelas kalau Donnie mempunyai kekuatan super , sehingga ia bisa melepas mesin jet dan membuat lubang waktu dan mengirimnya ke PU .


    So thats it .. itulah yang bisa gw tangkap dari ending movie ini , Jenius !! haha
Previous Post
Next Post
Related Posts

11 comments:

  1. soo f*cking awesome movie... kompleks, cerita yang anti mainstream

    ReplyDelete
  2. Jadi donnie itu punya kekuatan super sial gw kira dia di rasukin sm frank makanya bisa nancepin kapak di perunggu hahahha

    ReplyDelete
  3. Jadi paham setelah baca artikel ini..

    ReplyDelete
  4. Tanpa artikel ini mungkin gw gk paham apa apa tentang film ini

    ReplyDelete
  5. Baru ngerti gua,... thanks anjing !

    ReplyDelete
  6. bru aja selesai nonton dan langsung cari maksutnya apa, setelah dijelasin baru paham gue maksutnya, damn...keren sih ga kepikiran ga sadar klo itu ada 2 dunia. thx bro penjelasannya walawpun ini artiker th 2012 ��

    ReplyDelete
  7. Awokwokkwok makasih njeng penjelasan nya

    ReplyDelete
  8. Intinya dari ceritanya klo si donnie gk mati ibu,adik,pacar,dan frank pada mati,dan si motivator serta guru2nya bnyak masalah,karena dia bisa masuk ke dunia pararel dia mengakhiri hidupnya yg sdh tdk tahan dengan penykit walkingsleep nya

    ReplyDelete