Friday 9 September 2016

Initiation Love



     Iniation love adalah film drama romantis dari Jepang yang mengambil setting pada tahun 1980an ,film ini memiliki twist ending yang bagus menurut gw karena dikemas dengan sudut pandang yang menarik dan berbeda , mungkin film yang diangkat dari novel ini bisa menyajikan sesuatu yang sederhana pun bisa memberikan plot twist .



    Film ini dirilis pada tahun 2015 dan mendapat respon cukup baik dari para penonton di jepang sana , Initiation love bercerita tentang mahasiswa bernama Suzuki yang diajak untuk mengikuti kencan buta oleh teman - temannya , pada kencan tersebut Suzuki bertemu dengan Mayu dan seiring waktu berjalan merekapun mulai menjalin hubungan dan mulai berpacaran . Pada suatu waktu Suzuki dipindahtugaskan dari Shizuoka ke Tokyo selama 2 tahun dan harus meninggalkan Mayu , selama menjalani hubungan jarak jauh Suzuki dan Mayu dihadapkan pada masalah - masalah yang terus mengancam hubungan mereka yang sudah dibangun cukup lama .



    
    Dari sinopsis mungkin terdengar sangat sederhana atau bahkan terdengar seperti film - film bergenre yang sama lainnya , tapi karena film ini memiliki kejutan di akhir film membuat film sangat menarik untuk diikuti . Dan jika kamu sering sering membaca review gw , maka untuk bisa menikmati twist ending movie adalah dengan mengumpulkan puzzle yang disebar di beberapa scene yang ada di film , tapi di film ini sedikit sekali kumpulan puzzle yang bisa disatukan karena sutradara sangat pandai sekali mengatur jalannya film hingga kita hanya bisa menyatukan puzzle tersebut pada akhir film , tapi itulah artinya twist ending movie kan ?



    Saya akan memberi sedikit penjelasan di akhir post ini jika ada yang tak mengerti soal ending film ini , tapi menurut saya twistnya masih cukup mudah dimengerti kok . Gw pribadi sangat menyukai setting akhir tahun 80an yang menggambarkan jepang pada waktu itu , pengambilan gambar yang menarik , tone orange yang seperti bisa menggambarkan throwback pada masa tersebut , penjelasan barang - barang yang sudah jarang sekali ditemukan pada saat ini dijelaskan pada credit membuat film ini memiliki kelebihan tersendiri untuk gw pribadi .




-- Spoiler -- 


    Puzzle yang ada di film ini memang sedikit , yaitu hanya sepatu dan timeline . Timeline paling sangat menonjol karena menurut gw tidak perlu menunjukkan tanggal dan bulan pada setiap pergantian waktu Suzuki bertemu dengan mayu sehingga menurut saya timeline adalah hal penting yang akan disampaikan di akhir film .


    Sepatu juga sesuatu yang ditonjolkan saat Mayu memberikannya pada Suzuki , tapi sepatu yang seperti dianggap sangat penting ternyata hanya seperti menunjukkan sebuah transisi atau perubahan lalu tidak dibahas atau diperlihatkan kembali hingga akhir film . Setelah di akhir film dijelaskan bahwa ternyata banyak bagian puzzle yang sudah diberikan sepanjang film terlewat oleh gw , seperti " mulai saat ini hari jumat merupakan hari yang berbeda bagiku setelah bertemu Mayu" dan "Aku akan mengunjungimu jika aku sempat pada akhir pekan" .


    Twistnya ada pada timeline tentunya karena selama film penonton mengira ada perbedaan waktu yang cukup jauh saat Suzuki menerima sepatu dan saat ia jogging menggunakan sepatu tersebut , padahal timeline tersebut tidak trus maju tapi mundur lalu maju dan kembali mundur cukup jauh . Sehingga disitu kita bisa lihat permainan waktu yang dibuat membuat semuanya masuk akal karena Mayu telah mempermainkan dua pria ini secara bersamaan , walaupun Suzuki melakukan hal yang sama di Tokyo tapi Mayu menunjukkan bahwa ia lebih ahli dalam berselingkuh . 
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: