Sunday 25 September 2016

Hearthstone : Arena Tutorial & Tips

  


    Back with Hearthstone , dan gw akan bahas salah satu play mode dalam Hearthstone yaitu Arena . Arena pada Hearthstone adalah salah satu play mode yang tricky karena berbeda dengan constructed rank , kenapa ? karena deck yang kamu bangun di arena adalah kartu - kartu random yang kamu pilih , kamu tidak dapat menebak deck apa yang dimainkan lawan seperti constructed yang memiliki tipe deck . Contohnya , jika di constructed kamu melihat pada turn 1 warlock menurunkan flame imp maka kamu bisa berasumsi deck yang kamu hadapi adalah aggro warlock , tapi di arena terdapat banyak kemungkinan yang akan kamu hadapi saat berhadapan dengan lawanmu , jadi ini beberapa tips atau tutorial agar kamu lebih memahami dalam bermain Arena di Hearthstone .






    Pertama - tama untuk memasuki Arena kamu akan dikenai biaya yaitu 150 gold atau 1,99$ , aturan dalam arena cukup sederhana yaitu maksimal win yaitu 12 dan maksimal lose adalah 3 , tiap win dari 0 hingga 12 ditandai dengan berubahnya simbol kunci pada tiap kemenangan dan jika kamu kalah 3 kali walaupun dengan 0 win kamu akan tetap mendapat reward yang minimal terdapat 1 pack jadi bertahan hingga 12 win adalah tujuan kamu karena semakin banyak kamu menang maka rewardpun akan semakin bertambah besar seperti gold , dust atau gold card . Setelah mengerti aturan dasar arena maka kamu bisa mulai memilih salah satu class dari 3 class random yang diberikan , lalu kamu akan mulai pada fase drafting card yaitu kamu akan diberikan 3 pilihan kartu dengan tingkat yang sama common , rare , epic atau bahkan legendary , ada 2 hal yang sangat perlu dipahami saat drafting adalah kamu harus mengerti value card dalam arena lalu mana curve.
   • Sekali lagi , Value atau nilai card tidak sama persis dengan constructed walaupun ada banyak card yang memang bagus dalam arena dan juga constructed seperti Azure Drake atau bagus dalam arena tapi tidak terlalu baik dalam constructed seperti Betrayal . Bagaimana kamu bisa tau value dari ratusan card yang ada dalam Hearthstone ? tentu jawabannya adalah pengalaman , semakin sering kamu bermain arena kamu akan mulai tau baik atau buruknya nilai kartu entah itu saat kamu tau bagaimana lawan kamu memanfaatkan kartu yang ada ditangannya dengan baik atau dari kesalahan kamu sendiri , trust me semakin sering bermain dalam arena kamu akan mudah melakukan drafting atau jika kamu baru pemula kamu bisa browsing value dari card seperti good , decent atau bad card saat melakukan drafting tapi tidak akan membantu jika kamu tidak paham tentang mana curve dalam arena .
   • Mana curve adalah salah satu hal yang vital dalam drafting , kamu tentu tidak mau tanganmu berisikan kartu kartu dengan 7 hingga 10 mana pada turn pertama , jadi setelah menentukan value dari kartu pilihanmu lihatlah mana curve , apa kamu perlu kartu dengan 7 mana padahal kamu sudah draft 3 hingga 5 kartu dengan mana yang sama . Tapi bagaimana jika value kartu tersebut sangat baik dalam arena ? tentu memiliki kartu dengan value yang sangat baik akan membuat kita merasa lebih baik tapi apakah kamu bisa bertahan setelah 6 turn lalu pada turn 7 permainan telah selesai karena kamu terlalu greedy dalam memilih kartu . Terkadang memiliki 4 Flamestrike dalam deck mu memang baik tapi terkadang itu hanya akan menjadi kartu mati di tanganmu selama beberapa turn . Jadi perhatikan mana curvemu saat drafting dan saat kamu memenuhi beberapa kriteria dalam draftingmu seperti early card , mid game - late game card , draw card , removal card dalam deckmu maka kamu sudah siap bermain arena .




    Kunci dalam memenangkan arena adalah selalu berasumsi lawanmu memiliki kartu yang bisa membalikkan keadaan , contohnya adalah jika kamu berhadapan dengan mage pada turn 6 kamu memenuhi boardmu dengan kartu - kartumu lalu menggila dengan menghajar face tapi saat turn 7 mage tersebut meratakan boardmu dengan flamestrikenya , board lawanmu masih diisi beberapa card -> boardmu kosong -> kartu ditangan hanya tinggal satu tentu ini adalah skenario yang sangat buruk . Jadi berasumsi , memperhitungkan , lalu terus berusaha tetap menjaga ritme permainan selalu menguntungkan buatmu . Banyak perhitungan yang harus kamu lakukan saat bermain arena , seperti meletakkan posisi kartu saat melawan rogue guna berjaga - jaga akan value betrayal juga sangat penting dan masih banyak lagi kemungkinan lainnya yang harus kamu perhitungkan . Lalu buatlah keputusan tepat seperti go face atau clear board , terkadang pilihan untuk terus menghajar face dan memenangkan game secepat mungkin bisa menjadi keputusan bagus tapi untuk beberapa situasi bisa menjadi keputusan yang sangat - sangat buruk , kenapa ? karena dalam arena control board adalah hal yang sangat penting , selama kamu bisa mempertahankan ritme dalam boardmu dengan bertahan hingga lawanmu kehabisan pilihan adalah cara bermain arena yang tepat , jadi kamu harus benar - benar tau kapan kamu harus go face dan kapan kamu clear the board and still control the game .




    Dan terakhir adalah saat kamu bermain arena jumlah win tidak terlalu penting , karena beberapa pemain pro pun memiliki momen buruk dalam bermain arena , entah bad drafting , tidak beruntung atau lawan selalu bisa mengcounter permainan kamu , terkadang mereka hanya menang 3 kali atau bahkan 0 win , tapi mereka lebih sering stabil dalam bermain arena oleh karena itu pengalaman berperan penting juga dalam arena , karena arena adalah salah satu cara grinding gold terbaik jika kamu mulai menguasainya . Melihat para Pro bermain arena juga bisa memberikan inspirasi bagaimana memainkan class yang kamu pilih atau melihat bagaimana mereka memaksimalkan value , kamu bisa melihat Kripp , Hafu , Ratsmah , Amaz dan Trump untuk memantapkan skill arena kamu .
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: