Wednesday 28 November 2012

The Dark Knight Rises Movie Review


The Dark Knight Rises


   
    Buat gw kembalinya Batman di The Dark Knight Rises ( TDKR ) seperti menunggu sesuatu yang gak akan mungkin terjadi , film sebelumnya yaitu The Dark Knight terasa begitu sangat sempurna dengan The Joker nya , akan sangat sulit membuat Batman yang lebih baik dengan ekspektasi yang begitu tinggi dari seluruh orang di dunia yang berharap bahwa TDKR ini akan melewati keindahan yang ditawarkan oleh TDK . Dengan villain baru yaitu Bane yang sebenarnya sudah rusak sebelumnya karena hanya menjadi tukang pukulnya Poison Ivy ( itu lho di film Batman dengan kostum yang ada putingnya ) , apa jadinya TDKR dengan villain yang tidak terlalu terkenal buat para pencinta filmnya , bagi pengikut komiknya sosok Bane tentu bukanlah hanya sebagai "tukang pukul" saja . Apa potensi Bane sebagai villain bisa muncul di film ini ? .


    Kenapa fokus kepada musuhnya ? bukan kepada Batmannya ? tentu jawaban gw adalah Joker , kemunculan Joker di TDK sudah dipersiapkan dari awal oleh Nolan , pada ending Batman Begins , Gordon memberi petunjuk kemunculan Joker di kota Gotham kepada Batman . Bane ? tidak sama sekali , tidak ada petunjuk sama sekali . Dan tidak dapat dipungkiri , kesuksesan TDK ada pada kualitas script Nolan dan akting Heath Ledger yang luar biasa pada saat itu . Menggunakan Bane menurut saya merupakan gambling karena tidak banyak yang begitu mengenal Bane diluar komiknya , dan banyak orang berpendapat Riddler adalah villain yang tepat untuk menggantikan The Joker , jadi apakah kelebihan dari seorang Bane ? oke , setau gw cuma Bane yang bisa bertarung dengan Batman dan menghancurkan tulang belakang Batman sehingga Batman harus berhenti sementara dan digantikan perannya oleh orang lain . Bane termasuk villain yang cerdas karena semasa dia di penjara dia menghabiskan banyak waktunya dengan membaca dan melatih tubuhnya .



    Kembali ke pembahasan TDKR , setting waktu di TDKR diambil 8 tahun sesudah TDK , setelah kematian Harvey Dent , Batman menghilang begitu saja dan tingkat kriminalitas menjadi menurun . Pengenalan karakter Bane pada prolog ini terlihat sangat menarik walaupun tidak sebaik pengenalan karakter Joker dengan perampokan banknya yang sangat jenius . Selain kembalinya karakter utama di film sebelumnya seperti Alfred , Gordon & Lucius Fox , TDKR memiliki karakter baru yaitu Blake , Selina , & Miranda Tate . Fokus TDKR adalah kehancuran dan kebangkitan seorang Batman , kematian mantan kekasihnya dan menjadi satu-satunya orang yang disalahkan pada kematian Dent membuat kehancuran dua karakter pada saat yang bersamaan Bruce Wayne dan Batman itu sendiri . Kemunculan Bane membuat Bruce harus kembali berubah menjadi seorang Batman setelah 8 tahun , tetapi kemunculannya kembali tidak berjalan dengan baik , kembalinya Batman setelah sekian lama ternyata tidak cukup untuk menakut-nakuti seorang Bane , ditambah dengan munculnya Catwoman yang mengincar sebuah program yang disimpan oleh Bruce , lalu Blake yang mengetahui rahasia Bruce sebagai Batman.


   Inti permasalahan film ini cukup simple yaitu bom nuklir , tetapi Nolan membuatnya lebih rumit dengan memasukkan berbagai macam trik , tetapi penggalian karakter dan fokus kepada 2 sisi antara Bruce dan Batman membuat film ini lebih menarik , perubahan sikap dan tujuan dari Batman di TDK dan TDKR terlihat sangat jelas , kamu tidak akan melihat Batman yang sama di film yang sebelumnya , kamu akan melihat evolusi Batman yang lebih baik dari sebelumnya .


 


    Menurut saya pribadi memang TDKR tidak sebaik TDK , tetapi TDKR telah mengakhir trilogy Batman versi Nolan dengan sangat baik , kelemahan Nolan hanya pada adegan fighting yang tidak terlalu mulus dan koreografinya yang terkesan kaku karena mencoba lebih real . Kualitas akting para pemain sangat baik , walaupun Tom Hardy tidak begitu terlihat karena suaranya seperti di dubbing dan mukanya yang selalu tertutup topeng . Dan kalau kamu mengerti semua hal di film ini berhubungan dengan judul filmnya yaitu Rises , begitu banyak kebangkitan yang dimunculkan di film ini , bisa tau yang mana aja ? 


    Rekomendasi film Nolan dari gw adalah Memento , Insomnia , Batman Begins , The Prestige , The Dark Knight Rises , Inception & The Dark Knight Rises !! when you watch all of his film , you have my permission to die !! See ya guys..





  
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: